Engklek Kata

Halo Sahabat Bhinneka! Ohayou, selamat pagi dari Jepang! ^^/

Kali ini Sekolah Bhinneka akan berbagi sedikit cerita tentang hari pertama “belajar” kami setelah sekian lama sempat vakum karena satu-dua-tiga-dan lain hal.

Nah, sesi “belajar” kami kemarin berjudul “Engklek Kata”. Hayo.. sahabat Bhinneka tahu tidak apa itu engklek? Coba sini, yang berasal dari pulau Jawa pasti tahu kan ya? Yap, engklek adalah permainan lompat-lompat berpola dengan satu kaki mengikuti pola bidang datar yang digambar di atas tanah. Pola-pola engklek ini pada umumnya berupa kotak-kotak. Seperti halnya permainan tradisional yang lain, permainan engklek ini mempunyai beberapa aturan khusus. Namun, untuk mempermudah anak-anak memahami permainan kami sengaja membuatnya sesederhana mungkin.

Image

Dalam engklek versi Bhinneka kali ini, kami sedikit memodifikasi permainan engklek dengan peraturan sebagai berikut:

  1. Pertama, anak-anak diharuskan memiliki gacuk-nya sendiri. Gacuk ini berupa batu yang harus dijaga, dalam artian tidak boleh dibuang.
  2. Gacuk ini kemudian dilemparkan ke dalam salah satu kotak dalam pola, diawali dengan kotak pertama.
  3. Selanjutnya, pemain melompat dengan satu kaki di setiap kotak dalam pola. Namun, kotak yang terdapat gacuk pemain tidak boleh diinjak.
  4. Pemain melompat mengikuti pola dari start hingga ujung pola, kembali ke arah start, mengambil gacuk yang tadi sudah dilemparnya, kemudian kembali lagi ke titik start.
  5. Nah, dalam engklek kata sebelum anak-anak mengambil gacuknya, anak-anak akan diberikan pertanyaan tebak kata dalam bahasa Indonesia. Selama soal diberikan anak-anak harus berdiri dengan satu kaki. Jika belum bisa menjawab soal tidak diperkenankan untuk mengambil gacuk, jadi harus berdiri hingga soal terjawab.

Pertanyaan apa saja yang diberikan?

Pertanyaan yang diberikan tergantung pada level pemahaman bahasa Indonesia yang dimiliki anak-anak. Contohnya, untuk Khansaa, Akira, dan Quinsha yang masih dalam level pemula soal berkisar tentang menyebutkan nama-nama dalam bahasa Indonesia. Nama yang dimaksud di sini adalah nama buah dan hewan. Misalkan, “Buah apa yang warnanya merah?” atau “Hewan apa yang punya sayap?” Sementara untuk level yang lebih tinggi, pertanyaan sudah seputar nama-nama profesi dalam bahasa Indonesia seperti, “Orang yang pekerjaannya menangkap ikan di laut, disebut apa?”

Mungkin, bagi anak-anak yang memang tinggal di Indonesia pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat mudah dijawab. Namun ternyata, tidak semudah itu bagi adik-adik Bhinneka. Banyak di antara mereka yang mengerti maksud soal tapi mengalami kesulitan dalam menjawabnya dalam bahasa Indonesia. Beberapa contoh misalnya,

T: “Sebutkan buah yang rasanya asam”
J:”E? ‘Asam’ tte nani (asam itu apa)?
T:”Asam itu suppai..”
J:”Ah! Tahu, tahu.. Mikan (jeruk) kan, tapi bahasa Indonesia-nya nggak tahu.”

Atau.. yang seperti ini

T:”Orang yang pekerjaannya menanam padi di sawah disebut apa?”
J:”Orang sawah!”
T:”Hahaha.. bukan, tapi pe-..”
J:”Pesawah?”
T:😄

Wah, rupanya masih banyak yang harus kita pelajari ya? Khususnya bagi adik-adik Bhinneka yang akan segera kembali dan bersekolah di Indonesia.

Demikianlah sesi “belajar” dengan engkel kata adik-adik Bhinneka hari Jumat, 20 Juni lalu. Semoga sesi awal kemarin bisa memacu adik-adik untuk terus belajar bahasa Indonesia ya! Juga, semoga catatan kecil ini bisa menginspirasi sahabat Bhinneka yang lainnya di mana pun berada. Hei, walaupun tinggal di luar negeri, jangan lupa belajar bahasa Indonesia ya😉 Jika Sahabat Bhinneka mempunyai ide-ide menarik lain dan ingin berbagi bersama kami, yuk, jangan sungkan-sungkan tinggalkan komentar atau pesan🙂 Yorsohiku onegaishimasu~

Tetap semangat dan..

Salam Bhinneka ^^9

Leave a comment

Filed under Kegiatan Kelas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s